Persyaratan Umum
Pendaftar wajib memenuhi persyaratan umum yaitu memiliki:
a. Minimal Lulusan SMA/SMK/MA atau Paket C;
b. Transkrip nilai bagi calon Mahasiswa yang pernah mengikuti kuliah di Perguruan Tinggi;
c. Pengalaman kerja paling sedikit 1 (satu) tahun atau sesuai dengan kesepakatan kerja sama mitra yang terkait.
Persyaratan Khusus
Pendaftar wajib memenuhi persyaratan khusus yaitu:
a. Tidak pernah diberhentikan sebagai Mahasiswa yang disebabkan evaluasi pembelajaran bagi calon Mahasiswa yang pernah mengikuti kuliah di Perguruan Tinggi;
b. Memiliki bukti portofolio untuk memperoleh pengakuan dari Capaian Pembelajaran nonformal, informal, dan pengalaman kerja.
Penerimaan Mahasiswa Baru melalui Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Tipe A.
Jalur ini memberikan pengakuan terhadap Capaian Pembelajaran secara parsial, yang diperoleh melalui berbagai bentuk pengalaman belajar sebelumnya.
Capaian Pembelajaran yang diakui dapat berasal dari:
a. Program Studi pada Perguruan Tinggi sebelumnya minimal Program Studi terakreditasi;
b. Pendidikan Nonformal atau Pendidikan Informal dan/atau
c. Pengalaman kerja setelah lulus jenjang pendidikan menengah atau bentuk lain yang sederajat.
Daya Tampung
Masing-masing Program Studi menerima calon mahasiswa baru jalur RPL sebanyak 75 Orang (25 orang/Kelas).
Perkuliahan
Perkuliahan dilaksanakan di Kampus Terpadu Balunijuk dan Kampus Pangkalpinang setiap hari Kamis, Jumat, dan Sabtu Mulai Pukul. 16.30 s.d 21.00 WIB.
Prodi yang ditawarkan
Program studi yang menyelenggaraan RPL di Universitas Bangka Belitung adalah sebagai berikut:
| No | Kode Prodi | Jenjang | Program Studi | Akreditasi |
|---|---|---|---|---|
| 1 | 61101 | S1 | Manajemen | B |
| 2 | 62201 | S1 | Akuntansi | B |
| 3 | 74201 | S1 | Hukum | B |
Berikut adalah jadwal kegiatan penerimaan mahasiswa baru melalui Jalur RPL Tipe A di Universitas Bangka Belitung. Harap mencermati setiap tahapan dan waktu pelaksanaannya agar tidak terlewat:
| Kegitan | Time Line |
|---|---|
| Pendaftaran | 26 Mei s.d. 6 Juli 2025 |
| Pra Asessment | 26 Mei s.d. 6 Juli 2025 |
| Asessment | 7 s.d. 13 Juli 2025 |
| Wawancara | 15 s.d. 16 Juli 2025 |
| Pengumuman Hasil Tahap Awal | 21 Juli 2025 |
| Pengajuan Keberatan (Banding) dan Pengumpulan Bukti Tambahan | 22 s.d. 24 Juli 2025 |
| Pengumuman Tahap Akhir | 29 Juli 2025 |
| Registrasi Ulang | 30 Juli s.d. 11 Agustus 2025 |
| Pembayaran Biaya Penilaian RPL, UKT, dan IPI. | 30 Juli s.d. 11 Agustus 2025 |
| Awal Perkuliahan | 18 Agustus 2025 |
Biaya pendidikan bagi calon mahasiswa baru yang mendaftar melalui Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) terdiri atas beberapa komponen, yaitu:
1. Biaya Penilaian Rekognisi Pembelajaran adalah Rp. 50.000,- /sks;
2. Matrikulasi : Rp 0,-/ sks;
3. Iuran Pengembangan Institusi (IPI) : Rp. 3.500.000,-;
4. Biaya Kegiatan Kemahasiswaan : Rp. 300.000.-/mhs per tahun;
5. Biaya Wisuda : Rp 1.750.000,- /mhs.
6. Uang Kuliah Tunggal (UKT) :
| No | Program | Program Studi | UKT |
|---|---|---|---|
| 1 | S1 | Manajemen | Rp. 4.100.000,- |
| 2 | S1 | Akuntansi | Rp. 4.100.000,- |
| 3 | S1 | Hukum | Rp. 4.100.000,- |
Dokumen Persyaratan Pendaftaran:
Berikut dokumen yang harus diunggah saat proses pendaftaran:
a. Pas foto berwarna ukuran 400 x 600 pixel, format .jpg, latar belakang warna merah, berkemeja putih, wajah menghadap kamera (tidak diperkenankan foto selfie);
b. Akta Kelahiran;
c. KTP;
d. Kartu Keluarga (KK/C1);
e. Ijazah Pendidikan terakhir minimal SMA/SMK/MA /Paket C;
f. SKHUN / Daftar Nilai bagi lulusan SMA/SMK/MA/Paket C atau Transkrip nilai (jika lulus dari perguruan tinggi) atau Surat Keterangan Lulus Mata Kuliah yang pernah ditempuh di jenjang Pendidikan Tinggi sebelumnya dan dilengkapi dengan informasi silabusnya (jika belum menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi sebelumnya);
g. Surat Keterangan Kesehatan dari Rumah Sakit Pemerintah;
h. Kartu BPJS/asuransi kesehatan/asuransi jiwa yang masih aktif/berlaku dan tidak ada tunggakan;
i. Formulir Ukuran Jas Almamater (Lampiran 1.);
j. Surat Keputusan Pengunduran Diri atau Surat Keterangan Pindah Kuliah dari perguruan tinggi asal. (jika belum menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi sebelumnya);
k. Surat pernyataan bermaterai tidak pernah diberhentikan sebagai Mahasiswa disebabkan evaluasi pembelajaran bagi calon Mahasiswa yang pernah mengikuti kuliah di Perguruan Tinggi sesuai format yang telah ditentukan (Lampiran 2.);
l. Surat izin dari Pembina Kepegawaian untuk ASN, dan izin dari atasan langsung untuk non ASN (Lampiran 3.);
m. Formulir Aplikasi RPL format terlampir (Lampiran 4.);
n. Daftar Riwayat Hidup sesuai format yang telah ditentukan (Lampiran 5.);
Untuk matakuliah yang ditawarkan dapat dilihat pada:
Lampiran 6: Mata Kuliah Pada Program Studi Manajemen
Lampiran 7: Mata Kuliah Pada Program Studi Akuntansi
Lampiran 8: Mata Kuliah Pada Program Studi Hukum
o. Formulir Evaluasi Diri sesuai dengan Daftar Mata Kuliah yang diajukan untuk RPL disertai dengan bukti pendukung pemenuhan Capaian Pembelajarannya sesuai format terlampir. Masing-masing Program Studi memiliki format tersendiri, silakan pilih sesuai Prodi yang dipilih yaitu
• Program Studi Manajemen : Lampiran 9
• Program Studi Akuntansi : Lampiran 10
• Program Studi Hukum : Lampiran 11
Cantumkan nomor dan nama yang jelas pada setiap bukti agar memudahkan penelusuran oleh asesor. Penyusunan bukti secara acak dapat menghambat proses penilaian.