Seleksi Mandiri berdasarkan Nilai UTBK Hasil SNBT merupakan sistem seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang menggunakan nilai UTBK dari Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) sebagai dasar seleksi calon mahasiswa baru.
Untuk dapat menjadi pendaftar Seleksi Mandiri berdasarkan Nilai UTBK Hasil SNBT Tahun 2025, calon pendaftar harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
1. Lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat atau paket C. Khusus untuk lulusan Paket C Maksimal Usia 23 Tahun;
2. Tidak lulus SNBP, atau tidak lulus SNBT, atau lulus SNBT namun tidak melakukan pendaftaran ulang. Sedangkan bagi yang lulus SNBT dan melakukan pendaftaran ulang maka siswa tersebut tidak diperkenankan mengikuti seleksi mandiri berdasarkan Nilai UTBK SNBT tahun 2025;
3. Memiliki nilai hasil UTBK SNBT Tahun 2025;
4. Sehat jasmani dan rohani serta tidak buta warna keseluruhan maupun buta warna sebagian (Khusus untuk Program Studi Keperawatan dan Program Studi Kedokteran);
5. Memiliki tinggi Minimal 155 cm bagi Laki-laki dan minimal 150 cm untuk Perempuan (Khusus Program Studi Keperawatan);
6. Melakukan pendaftaran pada portal resmi Universitas Bangka Belitung: daftar.ubb.ac.id/jalur-seleksi
Bagi Pendaftar yang ditemukan ketidaksesuaian data / tidak memenuhi persyaratan diatas, maka statusnya sebagai pendaftar/ kelulusannya dapat dibatalkan.
Jadwal pelaksanaan Seleksi Mandiri berdasarkan Nilai UTBK Hasil SNBT Tahun 2025 sebagai berikut :
Jadwal Kegiatan | Tanggal |
---|---|
Pendaftaran | 24 s.d. 27 Juli 2025 |
Seleksi Nilai UTBK | 25 s.d. 28 Juli 2025 |
Pengumuman Kelulusan | 29 Juli 2025 |
Masa Sanggah | 29 Juli s.d. 4 Agustus 2025 |
Registrasi Ulang dan Pembayaran UKT | 30 Juli s.d. 5 Agustus 2025 |
Peserta yang dinyatakan lolos pada seleksi Mandiri berdasarkan Nilai UTBK SNTB akan dikenakan biaya pendidikan berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI).
Besaran Nilai Uang kuliah Tunggal (UKT)
Besaran Iuran Pengembangan Institusi (IPI)
Kuota daya tampung untuk jalur mandiri berdasarkan nilai utbk akan disampaikan ketika proses jalur mandiri smm-ptn barat selesai
No | Program Studi | Jenjang | Daya Tampung |
---|---|---|---|
1 | Fisika | S1 | 12 |
2 | Kimia | S1 | 16 |
3 | Biologi | S1 | 17 |
4 | Matematika | S1 | 29 |
5 | Arsitektur | S1 | 7 |
6 | Teknik Mesin | S1 | 2 |
7 | Teknik Elektro | S1 | 1 |
8 | Agroteknologi | S1 | 2 |
9 | Akuakultur | S1 | 21 |
10 | Manajemen Sumberdaya Perairan | S1 | 18 |
11 | PerikananTangkap | S1 | 5 |
12 | Manajemen | S1 | 4 |
13 | Bisnis Digital | S1 | 3 |
14 | Ekonomi | S1 | 11 |
15 | Akuntansi | S1 | 12 |
16 | Hukum | S1 | 5 |
17 | Sosiologi | S1 | 19 |
18 | Ilmu Politik | S1 | 23 |
19 | Sastra Inggris | S1 | 28 |
20 | Kedokteran | S1 | 2 |
21 | Keperawatan | D3 | 3 |
22 | Ilmu Kelautan | S1 | 1 |
TOTAL | 241 |
Seleksi dilakukan berdasarkan ketentuan sebagai berikut:
1) Perangkingan terhadap Nilai UTBK (SNBT) dan pilihan Program Studi pendaftar
2) Khusus untuk Program Studi Kedokteran, diberlakukan Afirmasi bagi Putera/Puteri Daerah sebesar 30% dari kuota Daya Tampung pada jalur Mandiri Nilai UTBK dengan kriteria:
* Kelahiran di Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan/atau;
* Lulusan SMA/SMK/MA sederajat di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Ketentuan afirmasi Putera/Puteri Daerah pada jalur mandiri Nilai UTBK ditetapkan melalui Keputusan Rektor.
Biaya pendaftaran Seleksi Mandiri berdasarkan Nilai UTBK Hasil SNBT: Rp. 350.000,-.
Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.
Pendaftar Seleksi Mandiri Berdasarkan Nilai UTBK SNBT dapat memilih maksimal 3 (tiga) Program Studi baik pada jenjang Sarjana maupun Diploma tiga. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
Berikut dokumen yang harus diunggah saat proses pendaftaran :
1. Pas foto berwarna ukuran 400 x 600 pixel, format .jpg, latar belakang warna merah, berkemeja putih, wajah menghadap kamera (tidak diperkenankan foto selfie);
2. Akta Kelahiran/ Surat Keterangan Lahir;
3. KTP atau Surat Keterangan Domisili dari Lurah/Kades/Camat yang ada NIK (Nomor Induk Kependudukan);
4. Kartu Keluarga (KK/C1);
5. KTP kedua orangtua/wali (jika salah satu KTP Bapak/Ibu orangtua/wali tidak ada/hilang maka unggah KTP orang tua Bapak/Ibu yang masih ada);
6. Ijazah SMA/SMK/MA / Surat Keterangan lulus yang ditanda tangani oleh Kepala Sekolah;
7. Rapor SMA/SMK/MA dari Semester I s.d Semester VI;
8. Surat keterangan penghasilan orang tua/wali meliputi gaji pokok, tunjangan jabatan, Tambahan Penghasilan Pegawai/Tunjangan Kinerja bagi (bagi PNS/ TNI/ Polri/ BUM /Swasta) yang membiayai kuliah (ayah, dan atau ibu yang bekerja atau wali) yang disahkan oleh bendahara dari tempat bekerja (bagi PNS/TNI/Polri/BUMN/Swasta) atau dari lurah/kades/camat (bagi wiraswasta/petani/nelayan/pedagang atau lainnya);
9. Foto calon mahasiswa bersama anggota keluarga;
10. Foto kendaraan Mobil/Motor (bagi yang memiliki);
11. Foto tempat tinggal calon mahasiswa yang terdiri dari;
a. Foto rumah tampak depan keseluruhan
b. Foto samping kanan rumah
c. Foto samping kiri rumah
d. Foto ruang tamu
e. Foto ruang keluarga
f. Foto Dapur
12. Rincian Besaran Pengeluaran Sekeluarga Per Bulan sesuai format yang telah ditentukan (download disini) ;
13. Daftar Hutang/Piutang kepada pihak lain (bagi yang memiliki hutang/piutang dan wajib melampirkan bukti hutang/piutang);
14. Kartu BPJS/asuransi kesehatan/asuransi jiwa yang masih aktif/berlaku dan tidak ada tunggakan;
15. Mengupload Sertifikat Nilai UTBK Hasil SNBT Tahun 2025.
16. Mengupload Formulir Jas Almamater sesuai dengan format berikut (Download disini)
17. Bagi pendaftar yang memilih Program Studi D3 - Keperawatan dan/atau S1 - Kedokteran dokumen tambahan yang wajib diunggah adalah Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit Pemerintah yang mencantumkan hasil;
a. Pemeriksaan kesehatan (Sehat);
b. Pemeriksaan buta warna (Normal/tidak buta warna); dan
c. Pemeriksaan tinggi badan (Persyaratan D3 Keperawatan tinggi badan minimal 155 cm untuk laki-laki dan 150 cm untuk perempuan)
a. Pendaftar dapat mengajukan sanggahan paling lama 5 (lima) hari kerja sejak pengumuman hasil seleksi pada email: ppid@ubb.ac.id
b. Tata cara penyanggahan hasil seleksi:
1) Melampirkan bukti sahih terkait sanggahan yang diajukan.
2) Sanggahan diajukan pada rentang waktu masa sanggah.
3) Sanggahan disampaikan secara online sesuai pengumuman.